SMK Negeri 1 Bungoro-Pangkep


1. Sejarah singkat
2. Visi, Misi dan Tujuan
3.Kompetensi keahlian
     1. TKJ
     2. Multimedia
     3. Administrasi dan Perkantoran
     4. Akuntansi
     5. Pemasaran
4. Ekstrakurikuler 
     1. Osis
     2. PMR
     3. English Club
     4. Pramuka
     5. Sispala
     6. Kelompok Ilmiah Remaja


 1. Sjarah singkat SMKN 1 Bungoro-Pangkep
Bermula dari inisiatif Pemerintah Daerah tahun 1965. didirikan SMEA di Pangkep ini statusnya masih berupa filial dari SMEA Neg. 1 Makassar. Tempat belajarnya pun masih menumpang di SD 1 Pangkajene ( kini gedung darma wanita) dalam kondisi yang masih lemah, merangkak dibawah pimpinan Andreas M. Assi sampai dengan tahun 1967. Keadaan sekolah tidaklah mengalami perubahan yang menggembirakan bahkan dalam masa 2 tahun sekolah ini nyaris bubar. Jumlah siswa hanya 70an, tak tahan oleh kondisi yang demikian ini, Andreas pun hengkang. Mallarangeng Dg Mattutu dan H.m. Arsyad. B founding fathers sekolah ini, segera menugasi H.M. yusuf Tolla untuk menyelematkan sekolah ini dalam upayanya itu, Yusuf Tolla segera menjemput Muhayyang Nurdin B.A, untuk memimpin sekolah ini. Ketika itu Muhayyang Nurdin memang sudah diperbantukan di sekolah ini tetapi statusnya Guru SMEA Negeri 1 Makassar.

Memasuki Desember 1969 sekolah ini berhasil menyandang status Negeri dengan nama SMEA Negeri Pangkep. Pada tahun itu pula ia berhasil menempati rumah sendiri di Bungoro dibawah kepemimpinan Drs. Muahayyang Nurdin sekolah ini menapak pasti. Pada tahun 1973-1974 misalnya dari 2 Jurusan yang ada berhasil dikembangkan menjadi 5 Jurusan. Sejumlah Guru juga mulai berdatangan memperkuat barisan pengajaran.
Mereka adalah H. Abd. Hamid Mudiana. BA. , M. Kasim Tobo BA., Djarir Achmad, BA, Dra. Fatimah dan memasuki tahun 1975 sekolah ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Siswa misalnya telah mencapai 300an target pertambahan itu bertambah hingga tahun 80an, manajemen sekekolah berjalan dengan tertib & lancar, sejumlah prestasi baik kegiatan kurikuler maupun exra kurikuler berhasil diraih, keadaan kian menambah bonafiditas sekolah itu sehingga tak mengherankan bila siswa dari SLTP yang mendaftar dari tahun ketahun semaikin bertambah.
Menyadari kondisi sekolah sudah tak mampu lagi menampung aktifitas sekolah dengan segala masalahnya, maka tahun 1987 Drs. Muhayyang Nurdin selaku Kepala Sekolah telah melakukan suatu manuver berupa perjuangan yang menghasilkan kesediaan Asian Deveploment Bank (ADB) memberikan bantuan pembangunan sekolah ini di Kabupaten Pangkep.
Bupati KDH tingkat II Pangkep. Bpk HMR. Natsir segera mengantisipasi maneuver itu dengan menyediakan bantuan hibah & pembebasan tanah kurang lebih 3Ha.
Sekolah ini semakin menempatkan diri sebagai salah satu SMK yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan sebagai sekolah unggulan yang cukup diperhitungkan oleh sekolah-sekolah lain, khususnya jika ada Perlombaan atau pertanadingan baik di tingkat kabupaten maupun di tingkat Provinsi.
Setelah kepemimpinan Drs. H. Muhayyang Nurdin ( kini Almarhum) sekolah ini telah tiga kali mengalami pergantian kepemimpinan, yakni.

Drs. H. Djarir Achmad, dengan masa Jabatan sampai tanggal 1 Maret 2008
Pelaksana Tugas Drs. Abd. Hamid, M.Pd dengan masa jabatan sampai bulan Juli tahun 2008
Drs. H. Muh. Akbar Parollei, MM bulan Juli 2008 sampai sekarang



 2. Visi, Misi dan Tujuan SMKN 1 Bungoro-Pangkep

Visi SMK Negeri 1 Bungoro

Sebagai pusat pendidikan dan pelatihan yang menghasilkan sumber daya manusia profesional tingkat menengah yang mampu berkompetisi di tingkat nasional dan internasional.

 MISI SMK Negeri 1 BUNGORO

  1. Meningkatkan kualitas pembinaan kesiswaan dalam meuwujudkan peningkatan Ketaqwaan, moral, nilai-nilai etika, integritas intelektual, mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi.
  2. Meningkatkan kualitas organisasi dan manajemen sekolah dalam menumbuhkan semangat keunggulan dan kompetitif.
  3. Meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar dalam mencapai kompetensi siswa yang berstandar nasional dan internasional.
  4. Meningkatkan kualitas kompetensi guru dan pegawai dalam mewujudkan standar pelayanan minimal (spm).Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana pendidikan dalam mendukung penguasaan iptek.
  5. Meningkatkan kemitraan dengan dunia usaha dan industri sesuai prinsip saling menguntungkan.
  6. Memberdayakan lingkungan sekolah dalam mewujudkan wawasan adiwiyata.
  7. Meningkatkan kualitas pengelolaan unit produksi dalam menunjang kualitas sumber daya manusia.

Tujuan SMK Negeri 1 Bungoro

  1. Mengutamakan penyiapan siswa untuk memasuki lapangan kerja serta mengembangkan sikap profesional yang memiliki etika sesuai dengan norma agama yang dianutnya.
  2. Menyiapkan siswa agar mampu berkompetisi baik tingkat lokal, nasional maupun internasional dan mampu mengembangkan diri.
  3. Menyiapkan tenaga kerja menengah untuk mengisi dunia usaha dan industri pada saat ini maupun masa yang akan datang.
  4. Menyiapkan tamatan agar menjadi warga Negara yang produktif dan kreatif.
  5. Menyiapkan tamatan untuk dapat melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi


3.Kompetensi keahlian SMKN 1 Bungoro-Pangkep
    1. TKJ
Pendidikan kejuruan bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan peserta didik untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan program kejuruannya. Agar dapat bekerja secara efektif dan efisien serta
mengembangkan keahlian dan keterampilan, mereka harus memiliki stamina yang tinggi, menguasai bidang keahliannya dan dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki etos kerja yang tinggi, dan mampu berkomunikasi sesuai dengan tuntutan pekerjaannya, serta memiliki kemampuan mengembangkan diri.

Kompetensi Keahlian TKJ bertujuan untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap agar kompeten dalam:
  1. Instalasi jaringan lokal (Local Area Network)
  2. Konfigurasi Jaringan Komputer Lokal
  3. Sistem Operasi Jaringan
  4. Instalasi Perangkat Jaringan Berbasis Luas (Wide Area Network)
  5. Konfigurasi Jaringan berbasis Luas (Wide Area Network)
  6. Operating Sistem Server
  7. Administrasi Server dalam Jaringan
  8. Web data base
  9. Perancangan Wide area network
    2. Multimedia
Kompetensi keahlian multimedia sebagai salah satu kompetensi keahlian dalam program keahlian teknik komputer dan informatika menyelaraskan pencapaian tujuan dengan tujuan pendidikan kejuruan. Pendidikan kejuruan bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan peserta didik untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan program kejuruannya. Agar dapat bekerja secara efektif dan efisien serta mengembangkan keahlian dan keterampilan, mereka harus memiliki stamina yang tinggi, menguasai bidang keahliannya dan dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki etos kerja yang tinggi, dan mampu berkomunikasi sesuai dengan tuntutan pekerjaannya, serta memiliki kemampuan mengembangkan diri.

berdasarkan uraian tujuan pendidikn kejuruan tersebut maka ditentukan tujuan kompetensi keahlian multimedia adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:
  1. Mengoperasikan software dan periferal digital illustration, digital imaging, dan web design.
  2. Mengoperasikan software dan periferal multimedia, presentation, 2D animation, dan 3D animation.
  3. Mengoperasikan software dan periferal digital audio, digital video, dan visual effects.
    3. Administrasi dan Perkantoran

Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :

  • Memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran
  • Mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi
  • Menerapkan prinsip-prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan
  • Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
  • Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak untuk mengelola dokumen
  • Mengoperasikan aplikasi presentasi untuk mengelola bahan informasi
  • Mengelola peralatan kantor
  • Melakukan prosedur administrasi dokumen-dokumen kantor
  • Menangani penggandaan dokumen
  • Menangani surat/ dokumen kantor
  • Mengelola sistem kearsipan
  • Memproses perjalanan bisnis
  • Mengelola dana kas kecil
  • Memberikan pelayanan kepada pelanggan
  • Mengelola data/ informasi di tempat kerja
  • Mengaplikasikan administrasi perkantoran di tempat kerja
    4. Akuntansi
Pendidikan kejuruan bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan peserta didik untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan program kejuruannya.
Agar dapat bekerja secara efektif dan efisien serta mengembangkan keahlian dan keterampilan, mereka harus memiliki stamina yang tinggi, menguasai bidang keahliannya dan dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki etos kerja yang tinggi, dan mampu berkomunikasi sesuai dengan tuntutan pekerjaannya, serta memiliki kemampuan mengembangkan diri.tujuan komepetensi keahlian akuntansi adalah Membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam :

  1. Mengerjakan siklus akuntansi perusahaan jasa baik secara manual maupun  komputer.
  2. Mengerjakan siklus akuntansi perusahaan dagang baik secara manual maupun komputer.
  3. Mengelola dan menyelesaikan akuntansi pos-pos neraca baik secara manual maupun komputer.
  4. Mengelola dan menyelesaiakan dokumen perpajakan dalam perusahaan
  5. Mengerjakan siklus akuntansi perusahaan manufaktur baik secara manual maupun komputer.
    5. Pemasaran
Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:
  1. Memahami prinsip-prinsip bisnis
  2. Menata Produk
  3. Melaksanakan negosiasi
  4. Melaksanakan konfirmasi keputusan pelanggan
  5. Melaksanakan proses administrasi transaksi
  6. Melakukan penyerahan/pengiriman produk
  7. Melaksanakan penagihan pembayaran
  8. Mengoperasikan peralatan transaksi di lokasi penjualan
  9. Menemukan peluang baru dari pelangga
  10. Melaksanakan pelayana prima (service excellent)
  11. Membuka usaha eceran/ritel (expansion store opening)
  12. Melakukan pemasaran barang dan jasa
4. Ekstrakurikuler  
    1. Osis
Pendidikan karakter
karakter adalah cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerjasama, baik dlam lingkungan keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara. individu yang bekarakter adalah individu yang bisa membuat keputusan dan siap bertanggung jawab tiap akibat dari keputusan yang ia buat.

    2. PMR
Palang Merah Remaja atau PMR adalah organisasi kepemudaan binaan dari Palang Merah Indonesia yang berpusat di sekolah-sekolah dan bertujuan memberitahukan pengetahuan dasarkepada siswa sekolah dalam bidang yang berhubungan dengan kesehatan umum dan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan.
Pada Perang Dunia I di Australia yang melatar belakangi terbentuknya Palang Merah Remaja (PMR) yang bernama “ The Young Red Cross “ yang melibatkan anak - anak sekolah untuk membantu korban perang.
Palang Merah Indonesia membentuk Palang Merah Remaja pada tanggal 1 Maret 1950 yang dipimpin oleh Nn. Siti Dasimah dan Nn. Paramita Abdurachman.


Tujuan PMR
1. Membangun manusia seutuhnya
2. Mendidik dan melatih generasi muda dalam kegiatan positif
3. Menumbuhkan minat para remaja di bidang kemanusiaan dan sosial

    3. English Club
Character is an attitude and a thinking way as a specially individual features to live and coordinate each others, not only in family life but also in social, nation and state life, a good individual character is an individual character is an individual who could take decision and receive the responsible for that which taken by him/ her. Character building is one of the national education purposes. Education is not only concern in building smarter students, but also in the personality or students character with the result that create national generation who develops with good CHARACTER which have high moral value and spiritual value

    4. Pramuka
Di setiap sekolah baik dari SD,SMP maupun SMA siswa-siswanya diwajibkan untuk mengikuti kegitan ekstrakurikuler Pramuka. Kenapa si Pramuka itu menjadi kegiatan ekskul yang wajib??? Kegiatan Pramuka wajib karena selain belajar mata pelajaran di sekolah,siswa juga di latih tentang kedisiplinan, maka dari itu pihak sekolah mewajibkan kegiatan ekskul Pramuka. Ada beberapa tujuan dari Pramuka yaitu, melatih siswa agar disiplin,mandiri,mau bekerja,mempunyai rasa tanggung jawab,mempunyai jiwa korsa (rasa setia kawan),berbakti kepada orang tua,guru,menghargai waktu,menghargai bendera kebangsaan,dan masih banyak lagi. Tapi kebanyakan siswa tidak mengerti apa itu tujuan Pramuka sebenarnya,kebanyakan dari mereka menganggap Pramuka itu tempat untuk penggojlokan,dan pemberian hukuman, padahal sebenarnya Pramuka tidak pernah menggojlok dan menghukum anggotanya jika anggotanya tidak melanggar aturan, dan jika di hukum hukuman itu semata-mata agar para anggotanya mengerti akan kesalahan yang di perbuat dan dapat menanggung jawabkan perbuatannya tersebut.... Bagi para pelajar,,,jangan pernah malas untuk Pramuka lakukan saja dengan "IKHLAS BHAKTI BINA BANGSA, BERBUDI BAWA LAKSANA" jika kalian IKHLAS kalian akan mendapatkan pelajaran yang sangat berharga.

    5. Sispala
Sesungguhnya banyak generasi muda yang sangat peduli pada alam kita. Namun, mereka tidak tahu bagaimana cara untuk merealisasikan kepedulian tersebut menjadi sebuah tindakan nyata. Maka dari itu, keberadaan Sispala sangat membantu para generasi muda  yang ingin menunjukan dan mewujudkan kepeduliannya pada alam.

Adapun tujuan Sispala antara lain :
  1. Untuk membina generasi muda yang benar-benar mempunyai jiwa pecinta alam.
  2. Untuk mengajak generasi muda agar peduli, merawat, menjaga, dan melestarikan alam.
  3. Menambah wawasan generasi muda tentang pentingnya alam.
  4. Memberikan kegiatan positif bagi generasi muda sehingga tidak mengikuti kegiatan yang negative
    6. Kelompok Ilmiah Remaja
Kelompok ilmiah remaja (disingkat KIR) adalah kelompok remaja yang melakukan serangkaian kegiatan yang menghasilkan karya ilmiah
Ekstrakurikuler ini merupakan organisasi yang sifatnya terbuka bagi para remaja yang ingin mengembangkan kreativitas, ilmu pengetahuan, dan teknologi pada masa kini maupun masa yang akan datang.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan sikap ilmiah, kejujuran dalam gejala alam yang ditemui dalam dengan kepekaan yang tinggi berdasarkan metode yang sistematis, objektif, rasional, dan berprosedur. Sehingga kegiatan tersebut dapat memberikan kompetensi pengembangan diri dalam kehidupan.

^_^ SMK BISA!

0 comments:

Posting Komentar